Home » » SEJARAH KUD MINA SAYA SARI BREBES

SEJARAH KUD MINA SAYA SARI BREBES

Written By tutiwinarsimanagemen on Selasa, 03 November 2015 | 20.39

Sejarah singkat mengenai KUD Mina Saya Sari Brebes :
- Pada tahun 1918 di Brebes (dengan pusat di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes) telah didirikan sebuah perkumpulan berbentuk yayasan yang bergerak menangani penjualan hasil laut (konsi) pada zaman Pemerintahan Belanda yaitu dengan nama perkumpulannya yaitu : Vesserychers Vereneging (nama KUD Mina Saya Sari Pada Jaman Penjajahan Pemerintahan Belanda)

berkembang hingga tahun 1942 di era penjajahan Jepang "Kongsi" dimanfatkan oleh penjajah Jepang sebagai pengumpul bahan makanan berupa ikan laut untuk kepentingan perbekalan perang dengan jalan antara lain mengambil secara paksa sebagian hasil tangkapanya (ikan) serta menekan harga ikan yang lain, sebutan pada zaman itu : Gyo Gyo Kumai. (nama KUD Mina Saya Sari pada Jaman Penjajahan Jepang)


Pada permulaan saat Kemerdekaan Agustus 1945 berdirilah Perkumpulan Penangkap Ikan Laut (PPIL) dan setelah melalui penyempurnaan perangkat pemerintah, pada bulan Juli 1952 berdirilah Koperasi Perikanan Laut (KPL) "Saya Sari" dibentuk pada tanggal 16 September 1952 berdasarkan Undang - undang Perkoperasian Nomor : 79 tahun 1950.

KPL "Saya Sari" Brebes selalu mengadakan perubahan Anggaran Dasarnya berdasarkan pergantian Undang - undang Perkoperasian mulai dari UU No. 140 tahun 1969, No. 14 tahun 1963 dan yang terakhir UU Perkoperasian Nomor : 12 tahun 1967 dengan Badan Hukum tanggal : 11 Agustus 1969.

Kehidupan organisasinya pernah mengalami lika liku dengan adanya pemisahan daerah kerja membentuk primer - primer tepatnya pada tanggal 6 April 1968 KPL "Saya Sari" mengalami pemisahan menjadi empat KPL seperti :
1. KPL "Saya Sari" Sawojajar
2. KPL "Misaya Rejeki" Pulolampes meliputi Pulolampes dan Pakijangan
3. KPL  "Saya Mulya" Kluwut meliputi Kluwut, Krakahan, Pengaradan, Prapag Kidul dan Prapag Lor
4. KPL "Saya Mulya" Kaliwlingi meliputi Kaliwlingi, Kalikamal dan Kaligangsa

Akan tetapi usaha mereka mendapatkan pengakuan Badan Hukum tidak berhasil, maka pada tanggal 1 Apri 1969 bergabung kembali, pada tanggal 17 Juni 1977 dari nama KPL "Saya Sari" menjadi KUD Perikanan "Saya Sari" dan yang terakhir pada tanggal 14 Maret 1981 berubah lagi menjadi KUD Mina "Saya Sari" Brebes.

Usaha - usaha yang pernah dijalani pada masa itu antara lain : Perkreditan (Simpan/Pinjam), Perdagangan bahan alat perikanan, perlumbungan, toko koperasi, perusahaan perahu dan penggaraman
Lemahnya organisasi KPL disebabkan karena :
a. Akibat peristiwa pecahnya menjadi 4 Primer
b. Luasnya daerah Kerja
c. Kurangnya skill, tenaga yang berdedikasi terhadap gerakan Koperasi
d. Belum tertibnya taraf kehidupan nelayan
e. Sebagian besar para nelayan pada waktu tertentu masuk ke daerah lain ("boro"/bawah-bhs Jawa) yang kurang menguntungkan dalam penerimaan pengarahan/penyuluhan dari petugas  
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Lencana Facebook

Pengurus KUD Mina Saya Sari Brebes

Pengurus KUD Mina Saya Sari Brebes
 
Support : DPC HNSI Brebes
Copyright © 2015. KUD MINA SAYA SARI KABUPATEN BREBES - All Rights Reserved
Template Created by
Proudly powered by Blogger